Rekam Jejak AHY, Ketum Demokrat Calon Menteri ATR yang Dilantik Jokowi

Ira Guslina Sufa
21 Februari 2024, 08:34
AHY
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melambaikan tangan kependukungnya saat akan menyampikan pidato politiknya di Jakarta, Selasa (6/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan melantik sejumlah pejabat negara pada Rabu (21/2). Agenda pelantikan dijadwal akan berlangsung pada pukul 11.00 WIB. Salah satu posisi  yang akan ditetapkan Jokowi hari ini adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan yang sebelumnya dijabat oleh Mahfud MD. 

Mahfud mundur dari jabatan menko sepekan sebelum pemilu lantaran ia maju mendampingi Ganjar Pranowo di pemilihan presiden 2024. Ganjar dan Mahfud maju didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan tidak didukung mayoritas partai pendukung Jokowi. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan presiden bakal melantik Menteri Koordinator Polhukam. Kandidat kuat yang dikabarkan akan mengisi posisi Menkopolhukam adalah Hadi Tjahjanto yang saat ini menjadi  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Ari tidak memberi kepastian mengenai kabar tersebut. Namun ia memastikan, selain melantik Menkopolhukam, Jokoowi akan melantik posisi Menteri ATR.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak. Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu,” kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Selasa (20/2).  

Majunya Hadi menjadi Menkopolhukam akan membuat posisi Menteri ATR kosong. Nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono disebut sebagai kandidat kuat untuk mengisi posisi menteri. Nama lain yang sempat disebut menggantikan posisi Hadi adalah Raja Juli Antoni yang saat ini menjadi Wakil Menteri ATR. 

Hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari istana soal kabar AHY akan dilantik jadi Menteri ATR. Meski begitu, juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan partainya akan menghormati pilihan Jokowi. Menurut Herzaky keputusan penentuan posisi menteri sepenuhnya menjadi kewenangan presiden. 

“⁠Jika Negara memanggil, Mas AHY siap memenuhi panggilan tugas dari negara. Namanya prajurit, beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujar Herzaky. 

Bila AHY menjabat sebagai menteri, pemerintahan Jokowi akan semakin kuat lantaran mendapat dukungan tambahan. Demokrat saat ini tidak menjadi bagian dari partai pendukung pemerintahan Jokowi - Ma’ruf Amin periode 2019-2024. Masuknya AHY akan menjadi penyeimbang baru di DPR bila akhirnya PDIP mengambil langkah oposisi di sisa pemerintahan Jokowi hingga Oktober 2024 mendatang. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...