Jokowi Lantik AHY jadi Menteri Agraria, SBY Tak Hadir ke Istana

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Februari 2024, 09:30
Jokowi lantik AHY
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) berfoto dengan kadernya saat acara SBY Temu Warga Kabupaten Bogor, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).
Button AI Summarize

Partai Demokrat membenarkan adanya kabar pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan masuk dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ossy Dermawan mengatakan AHY akan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melaksanakan pelantikan tersebut di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (21/2) sekira pukul 11.00 WIB. Menurut Ossy sehari sebelum pelantikan AHY sudah melangsungkan pertemuan dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Jawa Barat pada Selasa (20/2), malam.

Pada pertemuan tersebut, ujar Ossy, AHY meminta doa restu kepada SBY untuk menjalankan tugas baru sebagai Menteri ATR/BPN. "Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan," kata Ossy lewat aplikasi pesan singkat WhatsApp pada Rabu (21/2).

Ossy yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pribadi SBY mengatakan bahwa SBY tidak akan hadir dalam seremoni pelantikan hari ini. "Karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Ossy.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga akan melantik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) baru pada Rabu ini. Jokowi mengatakan pelantikan dua menteri itu akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. 

"Besok ditunggu saja pukul 10.00," kata Jokowi usai memberikan sambutan Puncak Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (20/2).

Selain melantik AHY, Jokowi hari ini juga akan melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Ia menggantikan Mahfud MD yang mundur lantaran maju menjadi calon wakil presiden dalam pemilihan presiden 2024.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...