Koalisi Sipil Temukan Manipulasi Suara Pilpres, Kubu 02 Paling Banyak

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Februari 2024, 20:42
pilpres 2024, pemilu 2024, manipulasi suara
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/tom.
Petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) menginput data penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 ke dalam aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tatanga, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (21/2/2024).
Button AI Summarize

Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri atas Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Indonesia Corruption Watch (ICW) dan firma hukum Themis Indonesia merilis laporan dugaan kecurangan Pemilu dan Pilpres 2024.

Catatan tersebut mendapati adanya praktik penggelembungan atau penambahan suara dari seluruh pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 14 Februari lalu.

Pengacara Themis Indonesia, Hemi Lavo, mengatakan bahwa penggelembungan suara pada form C1 terjadi secara merata di seluruh pasangan capres cawapres nomor urut 01, 02 dan 03. Hasil temuan tersebut merujuk pada sebaran 145 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 38 Kabupaten/Kota yang tersebar di 16 provinsi.

"Ketika kami bandingkan, pasangan calon nomor 02 itu memiliki penggelembungan data yang lebih masif lagi dari data yang telah kami kumpulkan," ujarnya dalam konferensi pers Koalisi Masyarakat Sipil: Catatan Kelam Kecurangan Pemilu 2024, disiarkan oleh kanal YouTube AJI Indonesia pada Kamis (22/2).

Pada kesempatan tersebut, Lavo menunjukkan adanya perbedaan suara form C1 hasil pemantauan TPS dengan C1 dalam Sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...