Top News: Jokowi Siapkan APBN 2025, Fatwa MUI soal Perusak Lingkungan

Aryo Widhy Wicaksono
27 Februari 2024, 05:25
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat sidang kabinet paripurna dengan jajaran menteri. Presiden membahas beberapa topik, salah satunya mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Jokowi ingin APBN 2025 menyesuaikan dengan dengan hasil Pemilu 2024 sebagai bentuk persiapan. Meski untuk hasilnya, pemerintah tetap akan menunggu hasil rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sidang kebinet paripurna mengenai pembahasan APBN 2025 menjadi salah satu artikel terpopuler, dan merupakan bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain APBN 2025, ketahui juga fatwa MUI mengenai perusak lingkungan hidup, dan janji alokasi anggaran makan siang gratis dari Prabowo.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Jokowi akan Rancang APBN 2025 Sesuai Program Presiden Terpilih

Presiden Joko Widodo menggelar rapat sidang kabinet paripurna dengan jajaran menteri hari ini. Salah satu topik pembahasannya adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Jokowi mengatakan APBN 2025 harus disesuaikan dengan hasil Pemilu 2024. Persiapan tetap dilakukan meski saat ini pemerintah menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Rencana Kerja Pemerintah dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga keseimbangan pembangunan dan mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024,” kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara, Senin (26/2).

Jokowi juga menyoroti ketidakpastian situasi dan ekonomi global. Oleh sebab itu, ia meminta target pertumbuhan ekonomi tahun depan mencerminkan kehati-hatian.

2. Momen Sri Mulyani Bersalaman dengan Prabowo di Tengah Kabar Tak Akur

Sidang kabinet paripurna hari ini dihadiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sebelum rapat, Prabowo dan Sri Mulyani terlihat sempat bersalaman.

Pagi hari sebelum rapat kabinet dimulai, para menteri dan pejabat negara lainnya nampak bercakap-cakap ringan. Dari awal, tidak terlihat Prabowo dan Sri Mulyani berinteraksi. Padahal, mereka datang cukup awal.

Prabowo tampak berbicara cukup lama dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di sebelah kanan podium ruang rapat pimpinan Istana Negara.

Di sisi kiri podium, Sri Mulyani berbincang dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Usai bercakap dengan Airlangga, Sri Mulyani duduk di tempatnya sementara Prabowo masih berbincang dengan Luhut.

Setelah Prabowo selesai bicara, ia membungkuk dan memberi salam pada Luhut. Luhut kemudian membalas dengan hormat dan menunggu hingga Prabowo duduk di kursinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...