Daftar Tokoh Penerima Jenderal Kehormatan, Prabowo Bukan yang Pertama

Ira Guslina Sufa
28 Februari 2024, 08:07
Jenderal Prabowo
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Prajurit TNI AD mengikuti Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019 di Skuadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (30/9/2019).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini dijadwalkan memberikan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan (HOR) kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar telah mengkonfirmasi agenda tersebut. 

“Iya betul, (Menhan RI) naik pangkat (menjadi) jenderal kehormatan,” kata Nugraha seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/2). 

Menurut Nugraha penyerahan pangkat Jenderal Kehormatan TNI akan disampaikan pada acara Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri yang digelar hari ini, Rabu (28/2). Rapim rencananya akan berlangsung di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta. 

Sebelumnya, Prabowo merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga atau letnan jenderal. Prabowo keluar dari kedinasan setelah diberhentikan dengan hormat sebagaimana Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 62/ABRI/1998 yang diteken oleh Presiden Ke-3 RI B. J. Habibie pada 20 November 1998.

Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan pemberian Jenderal Kehormatan kepada Prabowo didasarkan pada kontribusinya untuk kemajuan TNI. Prabowo juga dinilai berjasa dalam meningkatkan sistem pertahanan Indonesia. 

Ia meyakini pemberian penghargaan itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Pemberian gelar Jenderal Kehormatan juga didasarkan pada rekomendasi dan diusulkan oleh Mabes TNI kepada Presiden. 

Sebetulnya, Prabowo purnawirawan TNI pertama yang menerima gelar Jenderal Kehormatan. Merujuk catatan dari Akademi Militer, sebelumnya sudah ada tujuh Jenderal TNI yang mendapatkan gelar kehormatan dengan bintang empat. Salah satunya adalah Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. 

Daftar Tokoh Peraih Jenderal Kehormatan TNI dari Masa ke Masa

Soesilo Soedarman

Jenderal Soesilo merupakan lulusan Akademi Militer pada 1948. Ia memperoleh gelar Jenderal Kehormatan pada 17 Maret 1993. Gelar itu diberikan oleh Presiden RI ke-2 yaitu Soeharto. Karirnya termasuk Duta Besar RI untuk Amerika Serikat dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...