Nasdem Akui Terima Duit dari Syahrul Limpo, Ini Rincian Penggunaannya

Amelia Yesidora
29 Februari 2024, 12:17
Nasdem
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni (kedua kiri) didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (14/10/2023).
Button AI Summarize

Bendahara Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Ahmad Sahroni, mengaku partainya menerima kucuran uang dari Syahrul Yasin Limpo atau SYL. Pemberian uang itu terungkap dari dakwaan terhadap Syahrul yang merupakan mantan Menteri Pertanian dalam sidang dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang berlangsung Rabu (28/2). 

“Benar, Rp 40 juta terbagi dua untuk bantuan bencana alam di Cianjur,” kata Syahroni saat dikonfirmasi Kamis (29/2).

Menurut Sahroni, pemberian dari Syahrul Limpo itu tercatat secara resmi dilengkapi bukti penerimaan. Dana yang ditujukan sebagai sumbangan masuk ke rekening fraksi khusus bencana. 

Bantuan itu diberikan Syahrul dalam dua kali pembayaran dengan masing-masing senilai Rp 20 juta. Meski demikian, Sahroni mengaku tidak ingat tanggal berapa SYL mengirimkan uang itu.

Meski mengakui adanya aliran dana dari Syahrul Limpo, Nasdem mengaku tidak punya kaitan dengan sumber daya yang diberikan. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim partai tidak punya kewenangan untuk mencari tahu asal sumbangan yang diberikan oleh masing-masing kader.

Ia menyebut dalam beberapa kegiatan kepartaian memang selalu ada kader yang memberikan sumbangan dan hal itu hal yang biasa. “Kita kan enggak mungkin bertanya sama penyumbang soal asal usul sumbangannya. Sebagai kader, biasa saja kalau seseorang menyumbang,” kata Hermawi pada Katadata, Rabu (28/2).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...