Skenario Bappenas: Daerah Terpencil Prioritas dapat Makan Siang Gratis

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Maret 2024, 06:10
Menko Airlangga Hartanto dan Program Makan Siang Gratis
Kemenko Perekonomian
Menko Airlangga Hartanto dan Program Makan Siang Gratis
Button AI Summarize

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membuat skenario wilayah prioritas yang menjadi sasaran program makan siang gratis yang dicanangkan calon presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Bappenas membuat skenario daerah pelosok dengan tingkat kemiskinan dan stunting tinggi menjadi prioritas penerima bantuan makan siang dan susu gratis. 

Kawasan tersebut berada di Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku. Sepuluh provinsi tersebut mencakup 193 kabupaten/kota.

Uraian tersebut tercantum dalam Dokumen bertajuk 'Membangun Fondasi Transformasi 2025: Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'. Paparan bahan ini dibahas dalam rapat kabinet pada Senin, 26 Februari 2024.

Beberapa kabupaten/kota yang masuk dalam kelompok tersebut diantaranya adalah Kabupaten Aceh Jaya, Kota Sibolga, Kota Palembang, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Jayapura.

Bappenas mencatat kebutuhan keseluruhan anggaran untuk program bantuan gizi di hanya 10 provinsi tersebut sebesar Rp 41,5 triliun per tahun. Besaran tersebut terdiri dari biaya makan siang gratis senilai Rp 12,8 triliun, susu gratis Rp 4,3 triliun, bantuan gizi untuk balita Rp 22,1 triliun dan bantuan gizi untuk ibu hamil sejumlah Rp 2,4 triliun. Kalkulasi tersebut merupakan perhitungan sementara pada Februari 2024.

Adapun, Bappenas menghitung bila program makan siang gratis itu berjalan pada 2025 secara nasional, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 185,2 triliun.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh Katadata.co.id, perkiraan kebutuhan dana tersebut untuk beberapa kategori sasaran. Pertama, pemberian makan siang dan susu gratis membutuhkan dana Rp 100,8 triliun per tahun dengan rincian dana makan siang gratis sebesar Rp Rp 75,6 triliun dan pemberian susu gratis Rp 25,2 triliun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...