Jokowi Bertemu PM Kamboja di Australia, Bahas Kelanjutan Impor Beras

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Maret 2024, 16:32
Presiden Joko Widodo bertemu PM Kamboja Hun Manet di Melbourne, Australia, Selasa (5/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bertemu PM Kamboja Hun Manet di Melbourne, Australia, Selasa (5/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Manet di Hotel Park Hyatt, Melbourne, Australia, pada Selasa (5/3).

Kedua pemimpin membahas penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kamboja, serta menyambut perayaan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada tahun ini.

Selain itu, Jokowi dan Hun Manet juga membahas kerja sama di bidang ketahanan pangan, termasuk impor beras dari Kamboja.  Jokowi mendorong penyelesaian pembaruan MoU Kerja Sama Perdagangan Beras dan MoU Pembentukan Mekanisme Imbal Dagang untuk sepakati harga dan jumlah impor beras.

“Implementasi MoU Pertanian juga perlu segera didorong khususnya tindak lanjut peningkatan kapasitas manajemen pertanian, irigasi,  serta investasi pengolahan dan penyimpanan beras,” kata Jokowi dalam siaran pers, Selasa (5/3). 

Kamboja sebelumnya telah mengirimkan 3.500 ton beras ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah pada 2 November tahun lalu. Jumlah tersebut setara 1,4% dari rencana Jokowi untuk mengimpor 250.000 ton beras dari Kamboja. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...