7 Politikus PKB di DPR Bersiap Galang Tanda Tangan Dukungan Hak Angket

Ade Rosman
6 Maret 2024, 15:31
PKB
Katadata
Pembukaan Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Ade Rosman.
Button AI Summarize

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Luluk Nur Hamidah mengatakan terus membangun komunikasi dengan sesama anggota untuk menggulirkan hak angket dugaan kecurangan pemilu 2024. Menurut Luluk saat ini sudah ada total tujuh orang dari fraksi PKB yang mendukung rencana hak angket. 

“Sudah sekitar tujuh yang sudah ada nama dan sudah siap. Beberapa di antaranya juga sudah memberikan banyak statement terkait hak angket," kata Luluk di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (6/3).

Luluk mengatakan PKB menargetkan hak angket akan bergulir di DPR dalam satu hingga dua minggu ke depan. Meski begitu ia belum mau menyebutkan siapa saja 7 politikus PKB di Senayan yang sudah menyatakan sikap mendukung hak angket. Merujuk hasil pemilu 2019 saat ini terdapat 58 kursi yang dimiliki PKB di parlemen. 

Selain itu, Luluk menyebut persoalan hingga kini hak angket belum bergulir secara resmi hanyalah persoalan waktu. Namun secara prinsip dukungan untuk menggulirkan hak angket sudah besar. 

"Ini hanya soal waktu saja. Kita harapkan seminggu, maksimal dua minggu ke depan sudah bisa ada progres secara official bersurat kepada DPR, karena memang belum dimulai," kata Luluk.

Sebelumnya, politikus dari tiga fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa menggulirkan wacana hak angket kecurangan pemilu. Wacana itu disampaikan dalam interupsi di sidang paripurna pembukaan masa sidang IV tahun sidang 2023/2024 yang berlangsung Selasa (5/3). 

Luluk dalam interupsinya mengatakan, Pemilu harus berdasarkan pada prinsip kejujuran, keadilan, tanggung jawab dan etika yang tinggi karena bentuk perwujudan dari kedaulatan rakyat. Oleh karena itu ia mendorong agar hak angket segera digulirkan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...