PKS Temukan Dugaan Penggelembungan Suara 2 Partai di Depok dan Bekasi

Amelia Yesidora
6 Maret 2024, 16:10
pks, pan, nasdem
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nym.
Pemungutan suara ulang di Teras, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (18/2/2024).
Button AI Summarize

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menemukan dugaan kasus penggelembungan suara di Daerah Pemilihan Jawa Barat VI. Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan di dapil yang meliputi Kota Depok dan Bekasi ini, ada 4.236 suara yang bertambah secara tidak sah untuk Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional alias PAN. 

Ahmad Mabruri menyebutkan kasus pertama ada di Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Berdasar laporan Dewan Pimpinan Cabang PKS Sukmajaya dan saksi Panitia Pemilihan Kecamatan per Senin (4/3), ada penambahan suara untuk DPR RI, terutama Partai Nasdem. Jumlahnya meningkat 2.506 suara, dari 7.250 suara menjadi 9.576 suara, 

“Saksi PPK PKS kemudian meminta agar dilakukan proses penghitungan suara ulang dengan mengacu pada dokumen C-Hasil. Setelah dilakukan pengecekan ulang, akhirnya suara kembali sesuai dengan penghitungan semula,” kata Mabruri dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (6/3).

Kasus kedua terjadi atas laporan Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono. Di Kecamatan Sawangan, Kota Depok, ada dugaan penggelembungan total 580 suara di tiga kelurahan dalam Pemilihan Legislatif di Partai Nasdem. 

Rinciannya, ada 153 suara di Kelurahan Kedaung, 177 suara di Kelurahan Sawangan Baru, dan 250 suara di Kelurahan Pengasingan. Dalam laporan itu, disebut angka ini diambil dari suara yang tidak sah. 

Dugaan kecurangan serupa terjadi pada dua kecamatan di Kota Bekasi. Pertama, laporan DPC PKS Pondok Gede pada Sabtu (2/3) di Kecamatan Pondok Gede bahwa ada penambahan 520 suara untuk DPR RI, terutama dari partai PAN. 

Suara ini terbagi di beberapa kelurahan yakni Kelurahan Jatiwaringin naik 105 suara, Kelurahan Jatibening naik 100 suara, Kelurahan Jatimakmur naik 100 suara. Kemudian dari Kelurahan Jatibening Baru naik 115 suara dan Kelurahan Jati Cempaka naik 100 suara. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...