Megawati Temui Sejumlah Tokoh Bahas Politik, Salah Satunya Siswono

Amelia Yesidora
8 Maret 2024, 13:24
megawati, siswono, pemilu
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Ketua DPR Puan Maharani (kiri) berbincang dengan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) saat peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (10/1/2024).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini, Megawati tengah bertemu berbagai tokoh, salah satunya Mantan Menteri Perumahan Rakyat, Siswono Yudo Husodo. Siswono sebelumnya adalah politisi Nasdem, namun keluar dan bergabung dengan kubu Ganjar-Mahfud.

“Hanya, pertemuan dilakukan secara tertutup karena kami menghindari kebisingan yang tidak perlu,” kata Hasto saat ditemui usai diskusi Election Talk keempat di Auditorium Juwono Sudarsono Universitas Indonesia, Kamis (7/3).

Ia enggan memerinci siapa saja tokoh lain yang sudah ditemui Megawati. Meski di acara Election Talk ini Hasto bertemu dengan Jusuf Kalla, ia hanya mengatakan terima kasih atas pandangan JK terhadap keadaan demokrasi Indonesia.

Adapun pertemuan Megawati dengan JK ini digadang-gadang bakal jadi penengah dua kubu, dari paslon nomor urut satu dan tiga, untuk menggulirkan hak angket.

Hasto bilang, saat ini sudah ada pembentukan tim khusus atas permintaan ketua umum PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura, selaku pengusung paslon nomor tiga, Ganjar-Mahfud.

Tim khusus ini sudah mengeluarkan rekomendasi dan kajian akademis yang bakal disempurnakan dengan berbagai temuan-temuan. Meski demikian, Hasto masih enggan menjelaskan apa rekomendasi tersebut serta kapan akan dijelaskan ke publik.

Sebelumnya, Jusuf Kalla masih belum menentukan waktu pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kendati demikian, ia berjanji tak akan membawa-bawa nama Partai Golkar jika bertemu Megawati.

“Tidak ada sama sekali. Apa urusan saya dengan parpol? Tidak ada,” kata Jusuf Kalla saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (1/3).


Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...