UN Women: Kualitas Pemberdayaan Perempuan Indonesia Peringkat 87 Dunia

Image title
Oleh Antara
12 Maret 2024, 11:17
pemberdayaan perempuan, perempuan
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Peserta menggunakan kostum stop violence saat aksi memperingati Hari Perempuan Internasional di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (8/3/2024). Aksi tersebut menyikapi negara yang masih belum sepenuhnya melindungi hak-hak perempuan.
Button AI Summarize

Badan PBB untuk pemberdayaan perempuan, UN Women, mengatakan kualitas pemberdayaan perempuan di Indonesia berada pada peringkat 87 dari 146 negara-negara di dunia. Angka ini berdasarkan Laporan Kesenjangan Gender Global dari Forum Ekonomi Dunia. 

"Pemeringkatan ini berdasarkan sejumlah faktor, seperti pencapaian pendidikan, kesehatan dan kelangsungan hidup, pemberdayaan ekonomi dan juga partisipasi politik," kata UN Women Indonesia Country Representative and ASEAN Liaison, Jamshed Kazi, dikutip dari Antara, Selasa (12/3).

Indonesia sebenarnya memiliki kinerja yang cukup baik dalam pencapaian dalam pendidikan. Kazi menyebut lebih banyak perempuan bersekolah dibandingkan laki-laki. Dalam beberapa kasus, angkanya bahkan lebih tinggi dari laki-laki sehingga angka rata-ratanya hampir sama.

Yang masih menjadi tantangan adalah pemberdayaan ekonomi dan partisipasi politik. Dalam hal ekonomi, partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia hanya sekitar 53% hingga 54%, dan persentase tersebut tidak banyak berubah dalam 20 tahun terakhir.

Dalam proporsi yang sama dengan perempuan yang terdidik, partisipasi politik perempuan di Indonesia juga masih lebih rendah. Rata-rata global jumlah perempuan di parlemen adalah sekitar 26%. Sedangkan di Indonesia hanya sebesar 22%.

Persentase tersebut sedikit di bawah rata-rata global, tetapi hal itu masih positif karena angka tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam hal partisipasi perempuan dalam politik di kota-kota besar berbeda dengan jumlah partisipasinya di daerah-daerah lain di luar Jawa. "Kesenjangannya lebih besar. Jadi, di Indonesia, penting sekali untuk memastikan bahwa kita tidak meninggalkan siapa pun," kata Kazi.

Di antara negara-negara di kawasan ASEAN, Kazi mengatakan Indonesia berada di tengah-tengah dalam peringkat pemberdayaan perempuan. "Ada beberapa negara seperti Filipina, Singapura, Timor Leste dan bahkan Laos yang peringkatnya sedikit lebih baik," katanya.

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...