Mayor Teddy Promosi Jadi Wadanyonif 328/Dirgahayu, Ikuti Jejak Prabowo

Ameidyo Daud Nasution
12 Maret 2024, 19:17
mayor teddy, prabowo, tni
ANTARA FOTO/Henry Purba/agr/Spt.
Mayor teddy (baret merah) mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bermain air bersama anak-anak saat peresmian dan penyerahan proyek bantuan air bersih di Karanganyar, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023).
Button AI Summarize

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mempromosikan ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yakni Mayor Teddy Indra Wijaya. Teddy ditunjuk sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu.

Promosi tersebut termaktub dalam Keputusan KSAD Nomor Kep. 137/II/2024 tanggal 26 Februari 2024. Teddy akan menggantikan Mayor Inf. Ade Fian yang promosi sebagai Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Sops Divisi Infanteri (Divif) 1 Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad).

"Mayor Inf. Teddy menjadi Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu Brigif Para Raider 17/Divif 1/Kostrad,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal TNI Kristomei Sianturi.

Ini berarti Mayor Teddy akan mengikuti jejak Prabowo di militer. Prabowo semasa berpangkat mayor pernah menjabat Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu pada 1987-1991.

Kristomei menjelaskan rotasi tersebut untuk membina karier perwira. Ia mengatakan ada 348 perwira berpangkat kapten/mayor yang mendapatkan promosi/mutasi.

Profil Mayor Teddy

Mayor Teddy mengawali kariernya di militer usai lulus dari Akademi Militer di Jawa Tengah pada 2011. Usai lulus, Teddy langsung bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Tahun 2014, Teddy ditunjuk sebagai asisten ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014 hingga 2019. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di US Army Ranger School di Fort Benning, Amerika Serikat.

Teddy meraih gelar lulusan terbaik dengan dua penghargaan yakni Commandant List Award dan Gold APFT (Army Physical Fitness Test). Di institusi yang sama, dia juga dinilai memenuhi kualifikasi sebagai pasukan elite Angkatan Darat AS.

Pulang dari Negeri Abang Sam, Teddu kembali ke Tanah Air dan ditunjuk sebagai ajudan Menteri Pertahanan Prabowo sejak 2020. Pangkatnya pun naik dari kapten menjadi mayor.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...