Pemerintah Kaji Penambahan Armada Pesawat untuk Mudik Lebaran 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Maret 2024, 18:01
Pesawat
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Dua pesawat siap mendarat dan lepas landas dari Run Way Juliet sisi utara di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024)
Button AI Summarize

Pemerintah berencana menambah armada pesawat terbang untuk mengantisipasi lonjakan pemudik selama libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemerintah akan mengupayakan jumlah armada pesawat saat mudik bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. 

“Kami tugasnya adalah memastikan agar jumlah pesawat bisa lebih banyak dioperasikan di Indonesia, masih ada kekurangan antara 300-350 pesawat maka harus segera datangkan,” kata Sandiaga kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (13/3).

Menurut Sandiaga, penambahan jumlah pesawat terbang dapat meningkatkan ketersediaan kursi sekaligus menekan harga tiket menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Ia pun meminta masyarakat yang ingin melaksanakan mudik agar segera memesan tiket sejak jauh hari untuk menghindari kenaikan harga tiket.

“Jangan tunggu akhir-akhir, karena akan makin meningkat harganya. Pastikan juga semua perencanaan dilakukan di minggu pertama Ramadan,” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga mengimbau pihak perkantoran agar memberikan opsi Work From Home (WFH) dan Work From Destination (WFD) kepada karyawan agar dapat melakukan mudik lebih awal. Tak hanya itu, Sandi berharap agar dunia usaha dapat membantu dalam merealisasikan Tunjangan Hari Raya (THR) agar dapat cair lebih cepat.

"Masyarakat bisa merencanakan berangkat mudik lebih awal sehingga masih bisa mendapatkan tiket yang harganya terjangkau,” kata Sandiaga.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...