Timnas AMIN Nilai Sorotan PBB Soal Netralitas Tamparan Bagi Pemerintah

Amelia Yesidora
18 Maret 2024, 14:21
Timnas AMIN
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Sudirman Said memberikan pidato politiknya pada acara Deklarasi Advokat Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN) Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/1/2024).
Button AI Summarize

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Timnas AMIN menyoroti pembicaraan di Komite HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyoroti pelaksanaan pemilu. Dalam forum itu Anggota Komite HAM Waly Ndiaye mempertanyakan netralitas Jokowi dalam Pilpres 2024.

“Kita perlu melihat ini sebagai sebuah tamparan keras bagi pemerintah. Isu yang seharusnya menjadi isu domestik sudah menjadi perhatian internasional,” ujar Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena dalam video singkat, dikutip Senin (18/3).

Billy meminta pemerintahan selanjutnya harus kembali bisa menaikkan peran di forum internasional termasuk PBB. Menurut dia pemerintah Indonesia semestinya lebih aktif menjelaskan bagaimana situasi yang terjadi dalam negeri ke kancah internasional.

“Tentu kita dapat pertanyakan juga, bagaimana selama ini komitmen Indonesia hadir di forum internasional, terutama presiden,” kata Billy.

Dengan adanya teguran ini, Billy mengatakan tidak hanya publik dalam negeri yang mengawasi kejadian setelah Pemilu serentak 14 Februari lalu. Kini, perhatian dunia internasional juga sudah mulai meningkat.

“Pemerintah harus mengambil langkah serius mengatasi hal tersebut,” ujar Billy.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...