Jokowi Tambah Bangun 14 Proyek Strategis Baru di 2024, Ini Daftarnya

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Maret 2024, 19:45
Jokowi bangun PSN
ANTARA FOTO/Arnas Padda/hp.
Pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan pembangunan Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/1/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah 14 daftar proyek strategis nasional (PSN) baru ke dalam rencana pembangunan prioritas tahun ini. Belasan PSN ini seluruhnya merupakan proyek swasta yang pembiayaannya sama sekali tak menyentuh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan rapat internal antara Jokowi dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (18/3). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menguraikan tambahan 14 PSN ini muncul dari berbagai sektor. 

Beberapa proyek strategis baru menurut Airlangga adalah akomodasi jalan tol, energi, pangan hingga lokasi pariwisata. Kendati demikian, Airlangga tak merinci estimasi besaran investasi nilai belasan proyek tersebut.

"PSN baru ini menciptakan lapangan kerja dan tidak membutuhkan APBN, dan ini disetujui oleh presiden," kata Airlangga saat ditemui usai rapat.

Selain Airlangga, turut hadir dalam rapat tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tampak hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...