Kubu Anies Sorot Politik Dinasti Sikapi Isu Mantu Jokowi Maju Pilkada

Amelia Yesidora
18 Maret 2024, 20:06
Kubu Anies
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/aww.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kiri) bersama istri Erina Gudono (kanan) berpose saat kampanye di Malang, Jawa Timur, Kamis (1/2/2024).
Button AI Summarize

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Timnas AMIN mempertanyakan motif di balik kabar pencalonan menantu Presiden Joko Widodo, Erina Gudono, sebagai Bupati Sleman. Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena menyebut ada kemungkinan dinasti politik dalam pencalonan ini.

“Tentu kita di sisi lain perlu melihat bahwa politik dinasti itu kencang dilakukan. Bahkan sekarang ini bukan hanya satu dua, tapi hampir semua anggota keluarga akan terlibat dalam Pilkada,” kata Billy dalam video, dikutip Senin (18/3).

Ia mengatakan publik tentu bisa menilai secara logis bahwa motif pencalonan ini bakal melanggengkan politik dinasti. Langkah ini pun bisa memundurkan kedewasaan demokrasi dan memicu pertentangan publik.

“Cepat atau lambat kita pasti akan melihat hal-hal yang demikian akan mendapat pertentangan dari publik, baik itu dari kalangan profesional, akademisi, rakyat pada umumnya. Tentu kita berharap ini semua tidak akan terjadi di masa depan,” ujar Billy.

Wacana terkait Erina Gudono yang bakal maju dalam Pilkada Sleman ditiup pertama kali oleh Wakil Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY Widi Handoko. Dia mengatakan, munculnya nama Erina merupakan aspirasi masyarakat. Aspirasi tersebut, kemudian diakomodir oleh DPC Partai Gerindra Kabupaten Sleman.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad belum akan berbicara banyak mengenai Pilkada. Sebab, konsentrasinya masih difokuskan untuk mengawal Pilpres 2024. Pembahasan soal Pilkada, akan dimulai setelah KPU mengumumkan hasil pemilihan presiden.

Di sisi lain, Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi atau Projo, Budi Arie Setiadi, bilang isu ini masih berkembang di internal politik. Projo sendiri bakal melaksanakan survei terkait nama-nama calon pemimpin daerah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang dinilai punya rekam jejak strategis.

Mengenai peluang Erina maju di Sleman menurut Budi akan bergantung dari penerimaan publik. Menurut dia peluang untuk mengusung istri ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu di pilkada akan melihat daya tarik warga Sleman kepada Erina Gudono sebagai Bupati Sleman. 

"Itu nanti, tunggu saja, kami bikin survei dulu. Kami fokus ke provinsi, gubernur-gubernur," ujar Budi Arie.



Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...