Top News: PDIP Audit Forensik Sirekap KPU, PNS yang Tak Dapat THR

Aryo Widhy Wicaksono
19 Maret 2024, 05:35
Sekjen PDIPHasto Kristiyanto (kedua kanan), di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan), di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengeklaim suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, seharusnya 33 persen.

Perolehan ini merupakan hasil audit forensik pakar IT dari internal partai, terhadap Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menjelaskan dari audit forensik dilakukan pada 16 Februari 2024, atau dua hari setelah pemungutan suara, pihaknya menemukan adanya JavaScript Object Notation (Json) yang terpasang di Sirekap untuk mengunci perolehan suara pasangan calon nomor urut 3.

Pernyataan Hasto terkait audit forensik PDIP ini menjadi salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id, dan merupakan bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain pernyataan Hasto, simak juga daftar PNS yang tidak mendapatkan THR, serta klarifikasi BMKG terhadap video mengenai gempa megathrust di Jakarta.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Hasto: Hasil Audit Pakar IT PDIP, Suara Ganjar - Mahfud Capai 33%

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan hasil suara yang diperoleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD seharusnya mencapai 33%.

Hasto mengatakan hal tersebut berdasarkan hasil audit forensik pakar IT internal partainya terhadap Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasto menjelaskan, audit forensik dilakukan dua hari setelah pemungutan suara atau tepatnya pada 16 Februari 2024. Ia menyebut terdapat JavaScript Object Notation (Json) yang dipasang di Sirekap untuk mengunci perolehan suara pasangan calon nomor urut 3 tersebut.

"Padahal ketika ahli IT ini melakukan normalisasi terhadap Json Script pada tanggal 16 Februari jam 02.00 WIB, perolehan Ganjar-Mahfud 33% dan Prabowo-Gibran 43%," kata Hasto.

Berdasarkan hasil audit forensik tersebut, disimpulkan bahwa seharusnya Pemilu 2024 berlangsung dalam dua putaran, lantaran tak ada satupun paslon yang tembus perolehan 51%.

2. Lo Kheng Hong Kantongi Rp 8,8 Miliar dari Dividen Bank OCBC

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) yang berlangsung Senin (18/3) menyepakati untuk mendistribusikan dividen tunai sebesar Rp 1,65 triliun atau setara Rp 72 per lembar.

Sebagai salah satu pemegang saham terbesar OCBC, Lo Kheng Hong sumringah mendengar kabar bahwa bank tersebut akan membagikan dividen dengan rasio pembayaran mencapai sekitar 40,4% dari laba tahun 2023, yakni sebesar Rp 4,09 triliun.

Alhasil dengan kepemilikan saham sebanyak 122.079.700 lembar yang ia miliki, maka investor kawakan tersebut akan mengantongi dividen Rp 8,8 miliar. Sebelumnya, ia memang berharap bahwa rapat kali ini bisa membawa kabar gembira baginya.

“Harapannya dapat dividen besar dan bisa mendengar pemaparan kinerja tahun 2023, serta rencana 2024,” ungkap Lo Kheng Hong kepada Katadata.co.id, Senin (18/3).

Lo Kheng Hong diketahui menjadi salah satu pemegang saham yang namanya masuk dalam daftar 20 investor dengan kepemilikan terbesar. Tepatnya ada di posisi ke-8. Hingga saat ini, ia tercatat menggenggam 122,08 juta atau 0,53% saham NISP.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...