Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi usai Diumumkan Menang Pilpres

Ameidyo Daud Nasution
21 Maret 2024, 09:35
prabowo, jokowi, pilpres
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) meninjau fasilitas rumah sakit saat peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Jakarta, Senin (19/2/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan Prabowo Subianto-Gibran sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2024. Usai pengumuman, Prabowo menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo.

"Presiden Jokowi mendorong saya sehingga hari ini saya menerima mandat dari rakyat, saya memberikan penghargaan sebesar-besarnya bagi beliau," ujar Prabowo saat pidato di kediamannya di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan pada Rabu (20/3).

Prabowo berpidato ditemani pengurus Tim Kampanye Nasional (TKN) dan jajaran pejabat teras partai anggota Koalisi Indonesia Maju. Beberapa sosok politisi yang hadir yakni Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

"Mandat rakyat ada di tangan kami. Kami akan menjadi presiden dan wakil presiden untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Prabowo menggelar konferensi pers bersama elite Koalisi Indonesia Maju setelah ada pengumuman dari KPU, Rabu (20/3)
Prabowo menggelar konferensi pers bersama elite Koalisi Indonesia Maju setelah ada pengumuman dari KPU, Rabu (20/3) (Katadata / Muhammad Fajar Riyandanu)

Prabowo menggandeng Gibran, putra sulung Jokowi, sebagai calon wakil presiden. Meski demikian, Gibran tak hadir saat pidato memberikan pernyataan semalam. 

Sedangkan KPU mengumumkan pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 96.214.691 suara. Torehan itu mengungguli dua pasangan calon lainnya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapat 40.971.906 suara, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 27.040.878. 

Adapun, kubu Anies dan Ganjar Pranowo memutuskan untuk menggugat putusan KPU tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan kubu Anies langsung dilayangkan pada Kamis (21/3) pagi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...