Pemerintah Tunda Rencana Setop Tambah Dana LPDP, Ini Alasannya

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Maret 2024, 17:14
lpdp, muhadjir, beasiswa
Katadata
Beasiswa LPDP 2024
Button AI Summarize

Pemerintah menunda finalisasi rencana penyetopan alokasi tambahan anggaran untuk Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)  tahun 2024. Ini karena rencana tersebut belum mencapai titik temu di tingkat antar kementerian.

"Belum diputuskan. Masih akan kami pastikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (25/3).

Muhadjir mengatakan, pihaknya masih perlu mengadakan rapat lebih lanjut dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Keuangan terkait kepastian rencana penyetopan alokasi dana LPDP tahun ini.

Ia menjelaskan keputusan pemerintah untuk menunda pembahasan rencana penyetopan dana LPDP tahun ini berangkat dari upaya pemenuhan target dana LPDP sebesar Rp 250 triliun hingga 2045.

 “Bu Menteri Keuangan sudah buat proyeksi kebutuhan LPDP sampai tahun 2045. Jadi kemungkinan untuk menyetop pendanaan itu masih kami lihat dulu,” ujar Muhadjir yang juga Ketua Dewan Penyantun LPDP itu.

 Sebelumnya, Pemerintah berencana untuk menyetop alokasi anggaran untuk LPDP tahun ini. Dana yang mencapai Rp 20 triliun per tahun itu nantinya bakal dialihkan untuk membenahi kualitas pendidikan perguruan tinggi, vokasi, revitalisasi SMK dan politeknik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...