Demokrat Jelaskan Alasan AHY Sebut Partai Hancur Bila di Koalisi Anies

Amelia Yesidora
25 Maret 2024, 17:27
Demokrat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melambaikan tangan kependukungnya saat akan menyampikan pidato politiknya di Jakarta, Selasa (6/2/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Herman Khaeron, menjelaskan alasan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan soal potensi kehancuran partai bila Demokrat lanjut bergabung dengan Koalisi Perubahan. Menurut Herman, pernyataan AHY harus dilihat dalam konteks yang utuh, bukan dipotong khusus ke pernyataan kehancuran partai. 

Herman menjelaskan ada tiga alasan mengapa AHY mengatakan hal itu. Pertama, Herman bilang bagaimanapun partai berekspektasi untuk berkontribusi pada rakyat.

“Dengan bergabung dengan Pak Prabowo tentu sekarang ada di pemerintahan. Artinya kita bisa melakukan banyak hal yang tentu ini berkontribusi kepada rakyat,” ujar Herman pada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (25/3).

Herman juga mengatakan pada dasarnya mereka masih bisa berkontribusi di parlemen karena jumlah perolehan suara masih melewati ambang batas parlemen alias parliamentary threshold. Ketiga, ia tidak setuju dengan beroposisi karena tidak akan berkontribusi maksimal pada rakyat.

“Jadi jika kami bergabung dengan koalisi yang lama, tentu kontribusi itu tidak akan seoptimal ketika berada di pemerintahan. Saya kira itu yang dimaksud,” kata Herman.

Sebelumnya, Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono soal nasib partainya usai pindah koalisi menuai kontroversi. AHY mengaku puas dengan posisi partainya saat ini dan bersyukur bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Partai Demokrat ini kemudian mengatakan nasib Demokrat bisa saja berbeda jika masih bertahan dengan pilihan capres sebelumnya. Sebagai informasi, Demokrat sebelumnya bergabung dengan Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan.

"Coba kita masih di tempat yang lama (mendukung Anies), hancur lebur," kata Agus di acara silaturahmi dan buka puasa Partai Demokrat di Jakarta Selatan, Sabtu (25/3) dikutip dari Antara.



Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...