Ganjar - Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK Hari Ini

Ade Rosman
27 Maret 2024, 10:25
Ganjar
Katadata/Ade Rosman
Ganjar Pranowo - Mahfud MD menggelar konferensi pers, sehari setelah pengumuman hasil pilpres Kamis (21/3)
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menghadiri sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden di Mahkamah Konstitusi (MK), pada Rabu (27/3). Rencananya, Ganjar-Mahfud beserta puluhan advokat dan konsultan hukum yang tergabung dalam tim hukumnya akan sama-sama berangkat dari Hotel Mandarin, Jakarta.

Tim hukum Ganjar-Mahfud telah melayangkan gugatan PHPU ke MK pada Sabtu (23/3) lalu. Permohonan tersebut teregistrasi dengan Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024, dan telah di terbitkan Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) dengan Nomor 02/ARPK-PRES/Pan.MK/03/2024.

Sidang perdana nanti akan dimulai pukul 13.00 WIB dengan agenda pemeriksaan pendahuluan yakni penyampaian permohonan dari pemohon, dalam hal ini kubu Ganjar-Mahfud. Sidang gugatan yang diajukan tim 03 menjadi perkara kedua yang disidangkan MK hari ini setelah pagi hari menyidangkan gugatan yang dilayangkan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. 

Sebelumnya, Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan hasil Pilpres 2024 didapat melalui cara-cara melawan hukum.

“Penyelenggaraan Pilpres 2024 yang sudah ditentukan hasilnya melalui cara-cara yang melawan hukum dan melanggar etika merupakan lonceng kematian bagi tatanan sosial-politik di Indonesia,” kata Todung dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (27/3).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...