Ganjar - Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK Hari Ini

Ade Rosman
27 Maret 2024, 10:25
Ganjar
Katadata/Ade Rosman
Ganjar Pranowo - Mahfud MD menggelar konferensi pers, sehari setelah pengumuman hasil pilpres Kamis (21/3)
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menghadiri sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden di Mahkamah Konstitusi (MK), pada Rabu (27/3). Rencananya, Ganjar-Mahfud beserta puluhan advokat dan konsultan hukum yang tergabung dalam tim hukumnya akan sama-sama berangkat dari Hotel Mandarin, Jakarta.

Tim hukum Ganjar-Mahfud telah melayangkan gugatan PHPU ke MK pada Sabtu (23/3) lalu. Permohonan tersebut teregistrasi dengan Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024, dan telah di terbitkan Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) dengan Nomor 02/ARPK-PRES/Pan.MK/03/2024.

Sidang perdana nanti akan dimulai pukul 13.00 WIB dengan agenda pemeriksaan pendahuluan yakni penyampaian permohonan dari pemohon, dalam hal ini kubu Ganjar-Mahfud. Sidang gugatan yang diajukan tim 03 menjadi perkara kedua yang disidangkan MK hari ini setelah pagi hari menyidangkan gugatan yang dilayangkan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. 

Sebelumnya, Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan hasil Pilpres 2024 didapat melalui cara-cara melawan hukum.

“Penyelenggaraan Pilpres 2024 yang sudah ditentukan hasilnya melalui cara-cara yang melawan hukum dan melanggar etika merupakan lonceng kematian bagi tatanan sosial-politik di Indonesia,” kata Todung dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (27/3).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...