Jokowi Resmikan Sejumlah Proyek Infrastruktur Sulteng, Ini Daftarnya

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Maret 2024, 17:38
jokowi, sulteng, jalan, pelabuhan, bandara
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kiri), ADB Contry Director for Indonesia Jiro Tominaga (kiri), dan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kanan) menarik tuas kapal menandai diresmikannya dua pelabuhan di Pelabuhan Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024). Presiden Jokowi meresmikan dua pelabuhan di kawasan Teluk Palu yaitu Pelabuhan Pantoloan di Palu d
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah proyek di Sulawesi Tengah. Proyek tersebut terdiri dari infrastruktur transportasi hingga ketahanan pangan.

Sejumlah proyek yang diresmikan adalah infrastruktur yang sebelumnya rusak karena gempa Palu 2018. Sedangkan proyek terbaru yang diresmikan adalah jaringan irigasi di Sigi.

Berkut daftar proyeknya:

Bendung dan Jaringan Irigasi 

Jokowi meresmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Rabu (27/3). Perluasan proyek fasilitas irigasi itu diharapkan dapat memastikan ketersediaan air bagi lahan sawah dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Jokowi menyebut, infrastruktur  mampu mengoptimalkan daerah layanan air seluas 8.180 hektare (ha) persawahan yang dapat meningkatkan indeks pertanian dari semula 149% menjadi jadi 300%.

"Ini akan meningkatkan produktivitas pertanian kita, mendukung keamanan ketahanan dan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Rehabilitasi irigasi Gumbasa telah dimulai sejak 2016 dan sempat mengalami kendala saat terjadi bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda pantai barat Sulawesi pada September 2018 silam.

Dana yang digelontorkan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa mencapai Rp 1,25 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk rekonstruksi 1 bendungan dan 35 kilometer saluran primer, 52 kilometer saluran sekunder, 119 kilometer saluran tersier dan 82 saluran pembuang.

Rekonstruksi Pelabuhan

Sebelumnya, Jokowi meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Rabu (27/3).

Proyek yang dibiayai oleh Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp 233 miliar ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana gempa dan tsunami. Rekonstruksi ini merupakan respons terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh gempa dan tsunami di tahun 2018. 

"Pelabuhan luluh lantak dan berkat kegigihan kita semuanya, alhamdulillah hari ini kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pelabuhan di Kawasan Teluk Palu, yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...