Politik Uang Makin Marak, AHY Minta Prabowo Perbaiki Sistem Pemilu

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Maret 2024, 06:00
Politik Uang Makin Marak, AHY Minta Prabowo Perbaiki Sistem Pemilu
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/Spt.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Button AI Summarize

Partai Demokrat menitipkan sebuah pesan kepada presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto agar memperbaiki sistem Pemilihan Umum (Pemilu) nasional dalam lima tahun ke depan.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan praktik politik uang saat pemilu telah berada di tahap serius. AHY melanjutkan, praktik politik uang yang kian marak ini menjadi sebab Partai Demokrat kehilangan sejumlah kursi di DPR meski mengalami kenaikan suara secara nasional. 

"Salah satu faktor utama yang paling signifikan menjadi penyebab hilangnya kursi kami adalah maraknya politik uang yang saat ini berada di luar nalar," kata AHY saat menyampaikan sambutan agenda buka puasa bersama Partai Demokrat dengan Prabowo di Hotel St. Regis Jakarta pada Rabu (27/3). 

AHY berharap Prabowo dapat merombak dan memperbaiki tatanan pemilu di masa depan demi menciptakan iklim politik yang progresif. 

"Saya lega ketika mendengar tanggapan dari Pak Prabowo, bahwa Bapak juga memiliki kekhawatiran yang sama. Bahkan, Pak Prabowo bertekad untuk secara serius melakukan perbaikan sistem Pemilu kita ke depan," ujar AHY. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Presiden RI ke-6 sekaligus Ketua Mejelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Dia mengatakan, ongkos politik saat pemilu makin besar, melampaui batas kewajaran. SBY menyebut fenomena itu harus segara ditekan agar tak merusak esensi pemilu untuk mencari pimpinan bangsa yang cakap dan memiliki berintegritas. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...