Panglima TNI Tinjau Lokasi Ledakan Gudang Peluru, Ungkap Arahan Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2024, 13:34
tni, panglima tni, gudang peluru
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di ruang Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/11/2023).
Button AI Summarize

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Agus Subiyanto siang ini meninjau lokasi ledakan gudang peluru di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kedatangan Agus untuk memastikan kebakaran akibat dampak ledakan tersebut bisa diatasi. Ia mengatakan kebakaran sudah berhasil dikendalikan sejak Minggu (31/3) jam 03.45 WIB.

Selain itu, ia juga menyampaikan instruksi yang diberikan Presiden Joko Widodo. "(Presiden berpesan) apabila ada yang terdampak, segera diselesaikan," kata Agus di Kabupaten Bogor, Minggu (31/3) dikutip dari Antara.

Agus juga mengatakan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin akan membantu penanganan kebakaran gudang munisi tersebut. "Apabila ada kerugian, kerusakan di rumah masyarakat," katanya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga menjelaskan dugaan penyebab ledakan gudang peluru. Agus mengatakan ledakan tersebut akibat amunisi yang sudah kedaluwarsa.

Dia mengatakan amunisi kedaluwarsa itu sebenarnya akan dibuang di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. "Tentunya melalui pemeriksaan dan sebagainya," katanya.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan memperkirakan, penyebab ledakan adalah amunisi dan bahan peledak kedaluwarsa yang berusia lebih dari 10 tahun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...