Megawati Instruksikan Pilkada, PDIP Buka Kans Koalisi Golkar Gerindra

Ade Rosman
1 April 2024, 15:48
PDIP
Youtube PDI Perjuangan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum partainya Megawati Soekarnoputri telah memberikan arahan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Instruksi itu menurut Hasto menjadi dasar bagi kader partai mulai bersiap menghadapi pilkada. 

“Bahkan, kami sudah menyusun jadwal-jadwal agenda-agenda strategis terkait dengan Pilkada," kata Hasto di kawasan Menteng, Jakarta, Senin.

Hasto  menjelaskan pasca-lebaran nanti akan dilakukan konsolidasi partai dalam rangka mempersiapkan Pilkada 2024. Ia menyebut hasil pemilu dan pilpres 2024 menjadi catatan bagi PDIP untuk lebih bersiap menghadapi pilkada. 

Menurut Hasto hasil pemilu 2024 menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada PDIP masih tinggi. Bahkan, di tingkat kabupaten dan kota, kursi yang dikumpulkan oleh PDI Perjuangan justru mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019. 

"Ini menjadi modal politik yang sangat baik. Bahkan, calon kepala daerah yang berasal dari internal PDI perjuangan yang incumbent (petahana) itu ada setidaknya 171 orang yang siap untuk running (melanjutkan) kembali," ujar Hasto. 

PDIP Buka Peluang Koalisi Lintas Partai 

Sebagai bagian dari upaya memenangkan pilkada, PDIP kata Hasto juga membuka diri untuk membangun koalisi dengan sejumlah partai termasuk dengan Partai Gerindra dan Partai Golkar. Menurut Hasto koalisi dengan lintas partai dimungkinkan mengingat dinamika politik yang berbeda antara tingkat nasional dan daerah. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...