Makna Lawatan Prabowo ke Cina Temui Xi Jinping Sebelum ke Amerika

Muhamad Fajar Riyandanu
1 April 2024, 17:32
Capres terpilih Prabowo Subianto saat menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Bersama Partai Golkar di Jakarta, Jumat (29/3/2024).
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.
Capres terpilih Prabowo Subianto saat menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Bersama Partai Golkar di Jakarta, Jumat (29/3/2024).
Button AI Summarize

Pakar Militer Connie Rahakundini Bakrie menilai lawatan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto ke Negeri Tirai Bambu merupakan upaya untuk memperluas kerja sama bilateral antara Indonesia dan Cina.

Kunjungan Prabowo juga memberikan pesan bahwa Indonesia sangat memperhatikan keseimbangan dalam diplomasi keamanan dan ketahanan global setelah sebelumnya mengunjungi sejumlah negara anggota NATO, termasuk Amerika Serikat (AS).

"Dari aspek geopolitik menarik karena Cina merupakan rival AS yang terkuat di kawasan, sehingga meskipun masih dalam kapasitas Menhan, tapi Presiden terpilih yang belum dilantik ini bisa membesarkan hati para pemimpin Cina untuk bisa memperdalam kerja sama bilateral," kata Connie lewat pesan singkat WhatsApp pada Senin (1/4).

Dia menyebut Cina potensial menjadi kunci kemitraan pertahanan strategis sebelum eskalasi ke taraf kebijakan politik keamanan kepresidenan. Jika itu terjadi, kata Connie, Cina bisa banyak membantu keamanan Indonesia.

Di antaranya dengan memberikan akses pada teknologi pengawasan seperti pesawat tanpa awak (drone) hingga dukungan teknologi taktikal dalam operasi anti gerilya di Papua. "Sebaliknya Indonesia bisa mengajak Cina dalam berbagai investasi, berbagai aktivitas kawasan hingga latihan bersama kekuatan RI dan Cina," ujar Connie.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Beijing, Cina pada Ahad (31/1) waktu setempat. Setibanya di bandara, Prabowo langsung disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Cina Sun Weidong, Duta Besar Cina untuk Indonesia Lu Kang dan Atase Pertahanan Indonesia di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak. Selanjutnya, Prabowo menuju hotel The Peninsula Beijing.

Prabowo akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping pada Senin (1/4) sore. Adapun pada keesokan harinya, Selasa 2 April 2024, Prabowo akan bertemu dengan Perdana Menteri Cina Li Qiang dan Menteri Pertahanan Cina Admiral Dong Jun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...