Profil Tonny Harjono, Mantan Ajudan Jokowi yang Ditunjuk Jadi KSAU

Desy Setyowati
2 April 2024, 08:51
Tonny Harjono, jokowi,
Koopsudnas TNI AU
Tonny Harjono
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara atau KSAU menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Tonny Harjono pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2014.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU tertuang dalam Keputusan Presiden atau Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani pada 25 Maret.

"Presiden menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Ari dikutip dari Antara, Selasa.

Penggantian KSAU ini dilakukan karena Marsekal Fadjar Prasetyo akan memasuki masa pensiun pada 9 April. Marsekal Fadjar menjabat sebagai KSAU sejak dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara 20 Mei 2020.

Profil Tonny Harjono

Dikutip dari situs website Pelita Air, Tonny Harjono menjabat sebagai salah satu komisaris. Ia diangkat menjadi Komisaris PT Pelita Air Service berdasarkan Keputusan RUPS Sirkuler tentang Pengangkatan dan Pengalihan Tugas Dewan Komisaris pada 5 Mei 2022.

Halaman:
Reporter: Antara, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...