Tim Anies Singgung Foto Heru Budi Bagikan Bansos dalam Tas Biru Muda

Ade Rosman
4 April 2024, 18:41
heru budi, mk, prabowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Ketua Mahakamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (keempat kiri) memimpin sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (4/4/2024).
Button AI Summarize

Nama Heru Budi Hartono terseret dalam sidang sengketa pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi. Ini setelah kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menampilkan foto Pj Gubernur DKI Jakarta itu tengah membagikan bantuan sosial (bansos) yang dikemas dalam tas berwarna biru muda.

Foto tersebut ditunjukkan kubu paslon nomor 01 tersebut di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pilpres di Mahkamah Konstitusi, yang digelar Kamis (4/4). Menurut tim Anies, bansos yang dibagikan Heru identik dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami kebetulan pemohon I dalam pembuktian itu ada satu video yaitu terkait dengan Gubernur DKI Jakarta yang ikut membagi bansos dengan bergambar pasangan nomor urut 2, warna yang identik dengan pasangan nomor urut 2," kata kuasa hukum Anies-Muhaimin, Zainudin Paru.

Pada kesempatan yang sama, kuasa hukum Anies-Muhaimin, Wakil Kamal juga menanyakan netralitas Pj Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad yang dihadirkan sebagai saksi di sidang tersebut.

"Saksi ini berita sangat viral awal Januari 2024, viral Pj Bekasi pamer jersey 02. Kemudian bersama kepala Satpol PP Kota Bekasi, pimpinan pejabat dan 10 camat Kota Bekasi. Itu viral fotonya lengkap di media pada awal januari tanggal 9 januari 2024," kata Kamal.

Gani yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang membenarkan jersey tersebut. Ia mengaku telah diperiksa oleh Bawaslu Kota Bekasi.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan Bawaslu Kota Bekasi memutuskan tak ada pelanggaran dalam peristiwa itu. "Setelah itu di banding ada keberatan kepada Bawaslu Provinsi, nah kami tidak diperiksa lagi oleh Bawaslu Provinsi tapi ada hasil pemeriksaan bahwa di situ ada pelanggaran UU lain," katanya.

Ia menjelaskan tak hanya jersey bernomor 2 dalam acara tersebut melainkan jersey bernomor 1-25. Dirinya mengatakan kejadian itu terjadi dalam event 'Liga Bestie' yang mempertandingkan 12 kecamatan.

"Di situ setelah kami bermain dengan BJB terus pembukaan. Nah pembukaan diletakkan kaus di situ di dalam plastik," katanya.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...