Hakim MK Tanya Risma: Mengapa Anda Tak Terlihat saat Pembagian Bansos

Ameidyo Daud Nasution
5 April 2024, 11:48
risma, bansos, mk
ANTARA FOTO/Cahya Sari/Ak/nym.
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan terkait anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) di Gedung Kemensos, Jakarta, Senin (4/12/2023).
Button AI Summarize

Peran Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam pemberian bantuan sosial atau bansos belakangan ini menjadi sorotan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Hakim MK mempertanyakan mengapa peran Risma dalam pemberian bansos El Nino sangat kecil.

Sebagai informasi, pemberian BLT El Nino sebenarnya telah disepakati Risma dengan parlemen pada akhir 2023 lalu. Oleh sebab itu, Hakim MK bertanya mengapa Risma tak banyak terlihat dalam penyalurannya.

"Perannya agak minimalis, apa setelah raker dengan DPR membuat Ibu tidak nampak dalam pembagian bansos?" tanya Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P Foekh dalam sidang sengketa Pilpres di MK, Jakarta, Jumat (5/4).

Meski demikian, belum ada jawaban dari Risma. Mantan Wali Kota Surabaya itu dijadwalkan akan memberikan jawaban usai sidang diskors.

Sebelumnya, Risma mengaku Kementerian yang dipimpinnya tak berani mengusulkan anggaran Bantuan Langsung Tunal (BLT) El Nino. Penjelasan Risma disampaikan menjawab pertanyaan Ketua MK Suhartoyo soal usulan BLT El Nino.

"Kami enggak berani mengusulkan (anggaran El Nino), bapak Yang Mulia," kata Risma.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...