Menhub Duga Kecelakaan Tol Cikampek Akibat Kelalaian saat Contra Flow

Andi M. Arief
8 April 2024, 15:56
kecelakaan, menhub, tol
ANTARA FOTO/Awaludin/Ak/nz
Polisi mengevakuasi jenazah korban kecelakaan di Tol Jakarta-CIkampek KM 58, Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).
Button AI Summarize

Korps Lalu Lintas Kepolisian RI menyatakan masih menganalisis kecelakaan lalu lintas yang memakan 12 korban jiwa di Tol Jakarta-Cikampek pagi ini, Senin (8/4). Namun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menduga kecelakaan tersebut disebabkan oleh kelalaian pengemudi.

Untuk diketahui, kecelakaan pagi ini melibatkan tiga kendaraan, yakni Daihatsu Terios, Daihatsu Gran Max, dan bus besar. Daihatsu Terios terpantau habis dilalap api usai kecelakaan, sementara bagian depan Daihatsu Gran Max dan bus besar rusak berat.

Budi menduga kecelakaan tersebut disebabkan oleh mobil pribadi yang menggunakan lajur contra flow, lalu keluar lajur contra flow dan masuk jalur arah berlawanan. Namun Budi tidak merinci lebih lanjut mobil mana yang menjadi pemicu kecelakaan pagi ini.

"Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi akan menuju ke sana dan mengevaluasi. Kami tidak saling menyalahkan, justru kami mengambil makna ke depan untuk lebih baik," kata Budi dalam konferensi pers di kantornya, Senin (8/4).

Budi menduga mobil pemicu kecelakaan hari ini ingin beristirahat, namun posisi mobilnya berada di lajur contra flow. Alhasil, pengemudi tersebut berusaha ke jalur darurat, tapi jalur darurat tersebut berada di jalur berlawanan.

Maka dari itu, Budi menerka kecelakaan pagi ini terjadi karena literasi pengemudi terkait contra flow yang rendah. Walau demikian, Budi mengakui implementasi skema contra flow memiliki resiko kecelakaan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...