Polisi Ungkap Sebab Kecelakaan Tunggal Bus Rosalia Indah di Tol Batang

Image title
Oleh Antara
11 April 2024, 15:04
Bus Rosalia Indah, kecelakaan tol
rosalia-indah.co.id
Ilustrasi Bus Rosalia Indah
Button AI Summarize

Kecelakaan bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, diduga karena sopir bus kelelahan. Akibatnya, sebanyak tujuh orang meninggal, dengan tiga orang di antaranya adalah balita. 

"Kemungkinan sopir mengalami microsleep sehingga terjadi kecelakaan tunggal," kata Kepala Korlantas Irjen Aan Suhanan saat mengecek kondisi korban selamat dalam kecelakaan tersebut di RS Islam Kendal, Kamis (11/4). 

Dugaan itu ia dapat berdasarkan keterangan pengemudi bernama Jalur Widodo. Dari keterangan sopir, bus sempat mengalami masalah dan diganti di KM 227 ruas Tol Pejagan-Palimaman. "Tapi pengemudi tidak berganti," ucapnya. 

Sopir lalu mengendarai bus yang mengangkut penumpang dari Bekasi, Jawa Barat, menuju Jawa Timur. Kecelakaan tunggal terjadi pukul 06.30 WIB. Bus sempat terseret sekitar 150 meter sat terperosok ke parit. 

Akibatnya, sejumlah penumpang terlempar keluar bus dan ada pula yang terjepit. "Ada lima korban meninggal terlempat keluar, kemudian dua lainnya karena terjepit," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang Ajun Komisaris Wigiyadi. 

Dari tujuh korban meninggal, empat orang telah terindentifikasi. Selain korban tewas, ada 17 orang mengalami luka dan dirawat di RS Islam Kendal. 

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...