Jasa Marga Proyeksi 1,87 juta Kendaraan ke Jabodetabek saat Arus Balik

Image title
11 April 2024, 18:23
Jasa Marga
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.
Ilustrasi, foto udara sejumlah kendaraan antre saat memasuki gerbang Tol Cikampek Utama.
Button AI Summarize

PT Jasa Marga Tbk memproyeksikan sebanyak 1,87 kendaraan akan masuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pada 10-18 April 2024 atau H1 hingga H+7 Lebaran.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, jumlah itu naik 1,4% dibandingkan arus balik Lebaran 2023 yang tercatat sebanyak 1,84 juta kendaraan, dan naik 56,2% dibanding saat kondisi normal, yakni 1,2 juta kendaraan.

Ia menjelaskan, lalu lintas yang kembali ke Jabotabek tersebut, adalah kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) utama, yakni GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari Puncak, GT Cikampek Utama dari Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama dari Bandung.

Dengan adanya lonjakan kendaraan yang diprediksi mayoritas berasal dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung tersebut, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi oleh pengguna jalan, adalah KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Pasalnya, ini merupakan pertemuan kendaraan dari Bandung dan Trans Jawa menuju Jakarta.

"Pada prediksi puncak arus balik, peningkatan jumlah volume lalu lintas di titik ini akan mencapai 247,3% terhadap normal dan meningkat 18,4% terhadap puncak balik Lebaran 2023," kata Subakti, dilansir dari Antara, Kamis (11/4).

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek, dibagi menjadi tiga arah, yakni sebanyak 1,06 juta kendaraan atau 56,9% dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 461 ribu kendaraan atau 24,7% dari arah Barat (Merak) dan 344 ribu kendaraan atau 18,4% dari arah Selatan (Puncak).

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+4 Hari Raya Idul Fitri, atau pada Senin (15/4). Jumlah kendaraan yang masuk Jabodetabek melalui empat gerbang tol utama pada puncak arus balik, diproyeksi mencapai 296 ribu kendaraan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...