Hindari Kemacetan, Menhub Imbau Pemudik Pulang pada Jumat atau Sabtu

Image title
Oleh Antara
12 April 2024, 07:00
pemudik, lebaran, jalur mudik, jalan tol trans jawa
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2024). Pada H-1 Lebaran 2024, arus mudik di Jalan Tol Trans Jawa itu terpantau lancar seiring dihentikannya skema lalu lintas satu jalur (one way) dari Km 72 Tol Cipali sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.
Button AI Summarize

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik untuk pulang pada hari ini, Jumat (12/4), atau Sabtu. Arus balik Lebaran pada dua hari tersebut masih sepi dan tidak akan menyebabkan kepadatan. 

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+3 atau 14 Maret 2024, atau sehari sesudahnya. "Minggu atau Senin nanti pasti terjadi kenaikan (arus balik) yang sangat besar," kata Budi di KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), kemarin. 

Kemenhub bersama Korps Lalu Lintas Polri, Jasa Marga, dan pihak terkait sudah mulai bersiap mengatasi kepadatan arus balik.

Ia juga menyebutkan titik rawan kepadatan biasa terjadi di daerah Salatiga sampai Semarang, Jawa Tengah. "Karena dari Yogyakarta, Surakarta, Ngawi, dan Madium bertumpuk di sana. Bahkan dari Demak dan sekitarnya," kata Budi. 

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara nasional selama arus mudik Lebaran 2024 sebesar 12% mulai 4 April hingga hari-H, 10 April.

"Dari 1.723 kasus pada periode sebelumnya (Lebaran 2023) menjadi 1.581 kasus," kata Aan.

Begitu pula untuk fatalitas (kematian) korban akibat kecelakaan lalu lintas turun 0,04%. Untuk jumlah korban luka berat mengalami kenaikan 16% dan luka ringan turun 18%.

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...