KCIC Bantah Kereta Cepat Whoosh Bocor Saat Hujan, Ini Penjelasannya

Mela Syaharani
13 April 2024, 10:20
Whoosh
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). Presiden Joko Widodo meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung yang dinamakan Whoosh untuk dioperasionalkan secara umum.
Button AI Summarize

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara terkait video beredar yang memperlihatkan adanya genangan air dalam kereta cepat Jakarta-Bandung (Whoosh). GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menegaskan bahwa tidak ada kebocoran dalam kereta cepat Whoosh meskipun ada genangan air.

“Kami sampaikan bahwa tidak ada kebocoran di kereta cepat Whoosh. Adapun air yang masuk ke dalam kereta seperti yang nampak dalam video yang beredar, disebabkan karena tampias air hujan yang disertai angin kencang,” kata Eva dalam siaran pers yang dikutip pada Sabtu (13/2).

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan lantai kereta basah di dalam gerbong kereta cepat Whoosh yang diunggah pada Jumat (12/4) lalu. Dalam video tersebut memperlihatkan kondisi hujan yang tengah melanda di luar rangkaian kereta.

Eva menyampaikan, masuknya air tersebut terjadi di Stasiun Tegalluar saat terdapat satu rangkaian kereta yang sedang melayani proses naik penumpang pada rangkaian kereta G 1234. Saat itu, terdapat tampias air hujan pada gerbong kereta 1 dan kereta 6.

“Kondisi yang terjadi saat itu, cuaca di area peron stasiun Tegalluar dalam kondisi hujan deras disertai angin kencang. Bersamaan dengan hujan disertai angin tersebut, sedang berlangsung proses keberangkatan yang membuat seluruh pintu kereta harus terbuka sehingga air hujan yang terbawa angin kencang mengarah ke dalam kereta melalui pintu kereta yang sedang terbuka,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...