Top News: Serangan Iran ke Israel, Respons Anies untuk Pilkada Jakarta

Aryo Widhy Wicaksono
16 April 2024, 05:29
Sidang darurat Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat (AS) pada Senin (30/11), membahas situasi Timur Tengah, termasuk soal konflik di Jalur Gaza.
un.org
Sidang darurat Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat (AS) pada Senin (30/11), membahas situasi Timur Tengah, termasuk soal konflik di Jalur Gaza.
Button AI Summarize

Pemimpin dari berbagai negara di dunia mengutuk serangan Iran ke Israel, dengan Amerika Serikat menegaskan komitmen kuat terhadap keamanan Israel. Sementara Indonesia dan Cina menekankan pentingnya menangani kondisi di Gaza, Palestina, dan mendorong penyelesaian konflik secara damai.

Beberapa pemimpin, seperti Presiden Kolombia, menyinggung potensi Perang Dunia III akibat eskalasi konflik.

Di sisi lain, institusi dan pemimpin dunia lainnya, seperti Sekretaris Jenderal PBB dan Kementerian Luar Negeri dari berbagai negara, menyerukan penghentian permusuhan dan menekankan pentingnya diplomasi serta kepatuhan terhadap hukum internasional untuk mencegah eskalasi meluas.

Iran menjelaskan aksi militer mereka merupakan respons dari agresi Israel, sekaligus bentuk peringatan adanya konsekuensi lebih parah jika Israel melakukan kesalahan serupa di masa mendatang.

Reaksi para pemimpin dunia terhadap serangan Iran ke Israel menjadi salah satu artikel terpopuler. Selain sikap pemimpin dunia, ketahui juga artikel Top News Katadata.co.id lainnya, seperti kronologi bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, serta sikap Anies Baswedan untuk tawaran menjadi calon gubernur Jakarta.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Reaksi Pemimpin Negara soal Iran Serang Israel, Bahas Perang Dunia III

Para pemimpin di negara-negara di Eropa dan Amerika mengutuk serangan Iran ke Israel pada Sabtu (13/4).

Sementara itu, Indonesia dan Cina menyinggung soal kondisi di Gaza, Palestina. Ada juga yang berbicara soal potensi Perang Dunia III.

Katadata.co.id merangkum tanggapan para pemimpin dunia mengenai serangan Iran ke Israel, termasuk dari Indonesia, Cina, dan Rusia.

2. Kronologi Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Lima Orang Terluka

Polda Papua Barat melakukan penyelidikan secara utuh terhadap insiden bentrok sejumlah personel Polisi Militer TNI AL (Pomal) Lantamal XIV/Sorong dengan anggota Brimob Polda Papua Barat Batalyon B Sorong.

Kapolda Papua Barat, Inspektur Jenderal Polisi Johnny Eddizon Isir, mengatakan Polda Papua Barat pada dasarnya akan menindaklanjuti kejadian itu dengan penyelidikan secara utuh dan menyeluruh guna mencari solusi.

Dia juga akan memberikan sanksi tegas kepada anggota yang terbukti bersalah. "Kita akan lakukan penyelidikan secara utuh dan menyeluruh terhadap bentrok antara personel TNI AL dengan oknum anggota Brimob pada hari ini," ujarnya Minggu malam (14/4).

3. Viral Turis Indonesia Rusak Bunga Sakura di Jepang, Ini Aturannya

Viral di media sosial turis diduga asal Indonesia merusak bunga sakura di Jepang. Bagaimana aturannya?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...