Hasto Jelaskan Kans Pertemuan Megawati-Jokowi, Bantah Jadi Penghalang

Ade Rosman
18 April 2024, 15:50
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Katadata/Ade Rosman
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjelaskan peluang pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Megawati Soekarnoputri. Menurut Hasto pertemuan kedua tokoh itu sangat tergantung pada respons dari pengurus PDIP di akar rumput. 

Hasto menjelaskan mekanisme di internal PDIP sangat bergantung pada reaksi dari kader PDIP di setiap ranting. Selain itu ia menyebut Megawati merupakan sosok politikus yang peka atas aspirasi dari pengurus ranting. 

“Mega memiliki sikap kenegarawanan apa perlu saya bacakan komentar dari ranting ranting, boleh dicek mereka menjadi benteng bagi ibu Megawati dan benteng dalam menjaga masa depan kita,” ujar Hasto di markas Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP (TKRPP-PDIP), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Menurut Hasto berdasarkan situasi yang berkembang sekarang, banyak pengurus ranting yang tidak mendukung Megawati bertemu dengan Jokowi. “(pengurus ranting) Gak mau bergabung dengan Pak Jokowi,” ujar Hasto lagi. 

Di sisi lain ia membantah menjadi pihak yang menghalangi terjadinya pertemuan antara Megawati dan Jokowi. Dugaan itu sebelumnya dilayangkan oleh Ketua Umum relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer alias Noel. Ia menilai pernyataan Hasto yang sinis dengan wacana pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...