Top News: Bahan Baku Tepung Terigu Langka, Dugaan Asusila Ketua KPU

Aryo Widhy Wicaksono
19 April 2024, 05:40
Ilustrasi. Pekerja membuat mi tradisional di pabrik mi Marga Mulja, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/1/2024).
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/Spt.
Ilustrasi. Pekerja membuat mi tradisional di pabrik mi Marga Mulja, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/1/2024).
Button AI Summarize

Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menyatakan mayoritas produsen tepung terigu di Indonesia, terancam kehabisan Premiks Fortikan, komponen vital dalam produksi terigu untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Ketua Umum Aptindo, Franciscus Welirang, menjelaskan proses impor Premiks Fortikan menjadi sulit karena adanya Permendag Nomor 36 tahun 2023, dan Permendag Nomor 3 Tahun 2024.

Kedua aturan tersebut mempersulit proses impor karena menetapkan kebutuhan atas Persetujuan Import (PI) dan Laporan Surveyor (LS), tetapi penerapan aturan teknisnya belum jelas.

Kekurangan Premiks Fortikan tidak hanya menghentikan produksi tepung terigu tetapi juga menurunkan kualitas gizi pada produk yang berakibat pada penurunan asupan mikronutrien seperti zink, besi, asam folat, dan beberapa jenis vitamin B pada masyarakat.

Aptindo memperkirakan produksi tepung terigu akan berkurang lebih dari 50% jika masalah ini tidak segera diatasi.

Alasan produsen tepung terigu kesulitan mendapatkan bahan baku untuk terigu menjadi salah satu artikel terpopuler. Selain itu, ketahui juga bagaimana Ketua KPU Hasyim Asy'ari kembali dilaporkan ke DKPP atas dugaan pelanggaran etik, serta perbandingan investasi Apple di Asia Tenggara.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Mengapa Indofood hingga Wilmar Terancam Kehabisan Bahan Baku Terigu?

Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia atau Aptindo memperingatkan, para produsen tepung terigu, Indofood hingga Wilmar tengah menghadapi ancaman kehabisan bahan baku tepung terigu.

Produksi terigu di dalam negeri terancam terhenti pada akhir paruh pertama tahun ini. Berdasarkan data Aptindo, lima dari tujuh produsen tepung terigu nasional akan kehabisan Premiks Fortikan pada Mei 2024.

Kelima produsen tersebut adalah PT Sriboga Flour Mills, Cerestar Group, Wilmar Group, PT Eastern Pearl Flour Mills, dan PT Golden Gran Mills.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk bahkan dijadwalkan kehabisan Premiks Fortikan pada bulan ini, sedangkan PT Bungasari Flour Mills akan kehabisan Premiks Fortikan pada Juni 2024.

2. Jelang Putusan Gugatan Pilpres, Ketua KPU Terseret Dugaan Asusila

Mahkamah Konstitusi (MK) sedang dalam proses memutuskan perkara gugatan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Menjelang putusan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari terseret dugaan perkara asusila.

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) akan melaporkan Hasyim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran etik berupa tindakan asusila berbasis relasi kuasa.

Tim advokat LKBH-PPS, Maria Dianita, mengatakan pelaporan akan dilayangkan pada sore hari ini. "Nanti sore kami akan mengadukan Ketua KPU RI, Bapak Hasyim Asy’ari atas dugaan pelanggaran etik yang dilakukannya," kata Maria saat dihubungi, Kamis (18/4).

Maria mengatakan Hasyim diduga melakukan tindakan asusila terhadap kliennya yang merupakan seorang Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...