Usai Penetapan oleh KPU, Prabowo Jajaki Parpol Lain Masuk Koalisi

Ameidyo Daud Nasution
23 April 2024, 22:03
prabowo, kpu, partai
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/wpa.
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto melambaikan tangan setibanya di kediaman Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2024).
Button AI Summarize

Calon Presiden RI Prabowo Subianto akan memulai pendekatan politik kepada partai-partai politik. Langkah ini akan dimulai usai ia dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Prabowo mengatakan pendekatan ini dilakukan kepada partai yang ada di dalam maupun di luar Koalisi Indonesia Maju. Tujuannya, untuk membangun kerja sama yang solid di pemerintahan.

"Kami akan berusaha membangun suatu koalisi yang kuat, koalisi yang efektif," kata Prabowo di kediamannya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4) dikutip dari Antara.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengatakan komunikasi politik yang dibangun merupakan tanda menyudahi persaingan selama Pilpres 2024. Prabowo berharap seluruh pihak bisa bersatu untuk membangun Indonesia.

"Rakyat berharap dan menuntut semuanya untuk bersatu," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali hadir ke kediaman Prabowo malam ini. Ia mengatakan datang atas nama pribadi dan hanya ingin mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia juga mengatakan pertemuan hanya sebentar dilakukan karena Prabowo tengah menerima tim kuasa hukumnya. Politisi yang biasa dipanggil Mat Ali itu juga mengaku kedatangannya ini tak diketahui Ketua Umum Partai Nasdem yakni Surya Paloh. "Saya belum sempat (lapor)," katanya. 

Kumpulkan Kuasa Hukum

KPU akan menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 pada Rabu (24/4). Pada malam sebelum penetapan, Prabowo mengumpulkan kuasa hukumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...