Jokowi Tugasi AHY Kosongkan 2.086 Ha Lahan di IKN, Ada Rumah Warga

Muhamad Fajar Riyandanu
24 April 2024, 20:23
ahy, ikn, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono tiba untuk mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024).
Button AI Summarize

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membebaskan lahan seluas 2.086 hektare (ha) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Lahan tersebut saat ini masih belum bisa digunakan untuk proses pembangunan karena menjadi lokasi permukiman masyarakat. Hal tersebut merupakan arahan Presiden saat memimpin rapat terbatas dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (24/4).

AHY menguraikan upaya pembebasan terhadap 2.086 ha tanah itu hanya akan mengutamakan beberapa bidang tanah prioritas. Beberapa di antaranya 22 bidang tanah seluas 2,75 ha di lokasi pengendali banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Sepaku dan 48 bidang tanah seluas 44,6 ha untuk pembangunan jalan tol segmen IKN 6A dan 6B.

“Prinsipnya lahan harus clean and clear dulu, kemudian baru bisa keluarkan sertifikat hak pakainya untuk digunakan semaksimal mungkin,” kata AHY saat ditemui usai rapat.

Pengosongan lahan tersebut dianggap sebagai salah satu cara untuk mengakselerasi penyerapan investasi di IKN. AHY menyebut pemerintah akan menggunakan strategi humanis agar masyarakat yang terdampak pembebasan lahan di IKN tak mengalami kerugian.

“Di lapangan pendekatannya harus baik, tidak boleh ada masyarakat yang menjadi korban sehingga tak menyisakan masalah di kemudian hari,” ujar AHY.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...