Cetak Sejarah, Indonesia Selangkah Lagi Melaju ke Olimpiade Paris 2024

Syahrizal Sidik
26 April 2024, 09:41
Indonesia Selangkah Lagi ke Olimpiade Paris 2024
ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/wpa.
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum melawan Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari. Pada laga ini, Indonesia berhasil menaklukkan Korsel dan masuk semifinal.
Button AI Summarize

Asa tim nasional sepak bola Indonesia maju ke Olimpiade Paris 2024 semakin dekat usai menumbangkan Korea Selatan pada laga 8 besar Piala Asia U-23, Jumat dini hari (26/4), di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Perjuangan Garuda Muda melawan Pasukan Taegeuk tidaklah mudah. Saling berbalas serangan dan skor berakhir imbang 2-2 hingga 90 menit berakhir. Kedua gol Indonesia disumbangkan oleh striker Rafael Struick.

Di babak perpanjangan waktu, tak ada gol yang tercipta. Sehingga, pertandingan harus dilanjutkan melalui adu penalti. Tim asuhan Shin Tae-yong ini memastikan kemenangan 11-10 melalui gol terakhir yang diciptakan Pratama Arhan untuk melaju ke babak semifinal.

Dengan hasil ini, Timnas Garuda hanya butuh mengunci satu kemenangan lagi pada laga semifinal nanti agar bisa tampil di ajang Olimpiade Paris 2024 nanti. Indonesia akan menghadapi tim pemenang antara laga Arab Saudi versus Uzbekistan. Jika Indonesia masuk final, secara otomatis akan langsung lolos Olimpiade Paris. 

Sementara jika Indonesia kalah di semifinal, masih ada harapan lolos melalui penentuan juara ketiga melawan tiga tim yang kalah di semifinal. Sebagai catatan, kali terakhir Indonesia berlaga di ajang Olimpiade pada 1956 silam di Melbourne.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengaku bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai mengalahkan tim kuat, Korsel di perempat final. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...