Sederet Prestasi Shin Tae-yong Bawa Indonesia Mendekati Olimpiade

Safrezi Fitra
26 April 2024, 17:00
Sederet Prestasi Shin Tae-yong Membawa Indonesia mendekati Olimpiade
ANTARA FOTO/Yusran Uccang/wpa.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Button AI Summarize

Timnas Indonesia muda mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23, setelah mengalahkan Korea Selatan. Keberhasilan ini tak lepas dari peran pelatih Shin Tae-yong yang mampu mendidik pemain-pemain sepak bola Indonesia hingga di posisi sekarang.

Shin Tae-yong untuk pertama kalinya membawa Timnas U-23 Indonesia bisa melaju ke Piala Asia. Bahkan, dalam debutnya Indonesia bisa melaju ke babak 8 besar. Melalui Piala Asia U-23, Timnas Indonesia muda memiliki peluang besar untuk memperoleh tiket Olimpiade Paris 2024.

Timnas U-23 Indonesia bisa melaju ke Olimpiade Paris 2024, apabila berhasil tembus ke babak final atau menyandang predikat sebagai peringkat ketiga Piala Asia. Jika kalah dalam perebutan peringkat ketiga, Timnas Indonesia muda masih miliki kans tembus ke Olimpiade dengan cara melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023.

Profil Shin Tae-yong

Shin Tae-yong lahir pada 11 April 1970 di Yeongdeok, Korea Selatan. Karier sepak bolanya dimulai sebagai pemain di klub Seongnam FC sepanjang 1992 hingga 2004. Klub ini sempat menjuarai tiga liga berturut-turut pada 2001-2003. Shin Tae-yong pernah memenangkan dua kali Most Valuable Player (MVP) Award pada 1995 dan 2001.

Keluar dari Seongnam FC, Shin Tae-yong memutuskan pindah ke klub Queensland Roar pada 2004 dan memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2005. Namun, dia masih tetap aktif di dunia persepakbolaan sebagai pelatih.

Shin Tae-yong pernah menjadi pelatih tim sepak bola nasional Korea Selatan. Dia pun telah menorehkan sejumlah prestasi cemerlang, salah satu momen puncak kariernya adalah ketika ia berhasil membawa Timnas Korea Selatan mencapai Final Piala Asia 2015. Ini rekor pertama Timnas Korea Selatan dalam 27 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...