Indonesia Lawan Uzbekistan di Semifinal AFC U-23, Vietnam Tersingkir

Ira Guslina Sufa
27 April 2024, 08:39
Timnas Indonesia U-23
Dok. Instagram Ernando Ari/@nandoariiiss
Timnas Indonesia U-23
Button AI Summarize

Tim nasional Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024. Uzbekistan memastikan langkah melaju ke semifinal setelah mengalahkan Arab Saudi 2 - 0 pada pertandingan yang berlangsung Jumat (26/4). 

Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 setelah mengalahkan Korea Selatan lewat adu penalti. Pada babak pertama pertandingan yang berlangsung Jumat (26/4) dini hari, Indonesia unggul 2-1 lewat dua tendangan dari Rafael Struik. Namun, di babak kedua Korea Selatan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Skor berakhir hingga babak kedua usai. 

Pada dua kali perpanjangan waktu tidak satupun dari tim U-23 Indonesia dan Korea Selatan yang mencetak gol. Pertandingan berlanjut ke babak adu penalti yang berlangsung dramatis. Skor imbang 9-9 tercipta setelah 10 pemain dari kedua tim mendapat giliran menendang hingga penalti dilanjutkan. 

Indonesia akhirnya menang penalti dengan skor 11-10 lewat penyelamatan yang dilakukan oleh penjaga gawang Ernando Ari. Adapun gol terakhir dari timnas U-23 Indonesia berasal dari tendangan Pratama Arhan.  

Vietnam Tersingkir 

Sementara itu, timnas Irak U-23 memastikan langkah melaju ke semifinal setelah menang melawan Vietnam pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Sabtu (27/4) dini hari. Pada pertandingan ini Irak mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 lewat  tendangan penalti Ali Jasin. 

Pada pertandingan ini Irak mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memberikan ancaman lewat tendangan Ali Al Mosawe. Tendangan itu masih dapat ditepis kiper Vietnam Quan Van Chuan.

Vietnam tak tinggal diam dan berupaya untuk memberikan ancaman ke gawang Irak. Akan tetapi, beberapa kali tendangan yang mereka lakukan belum menemui sasaran. Kedua tim terus berupaya untuk mencari keunggulan terlebih dahulu. Namun, hingga turun minum skor sama kuat tanpa gol tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, skuad asuhan Radhi Shenaishil kembali mendapatkan peluang terlebih dahulu lewat tendangan Al Mosawe yang kembali dapat dihalau Van Chuan. Irak mendapatkan peluang emas setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena Nihad Mohammed dilanggar di kotak terlarang oleh Van Chuan.

Ali Jasim yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya tak dapat dijangkau Van Chuan sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 64. Unggul satu gol, Irak terus menggempur lini pertahanan Vietnam dan kembali mendapatkan peluang lewat Muntadher Mohammed serta Ali Jasim, namun keduanya dapat digagalkan Van Chuan.

Vietnam harus bermain dengan 10 orang sejak menit 90+1 setelah Nguyen Manh Hung diganjar kartu merah langsung oleh wasit karena menginjak kaki dari Ali Jasim. Pada sisa waktu pertandingan Irak terus menggempur lini pertahanan dari Vietnam. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk kemenangan Skuad Lions of Babylon tetap bertahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...