Surya Paloh Buka Kemungkinan Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2024, 12:59
surya paloh, anies, jakarta
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) didampingi bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kanan) memberi keterangan kepada wartawan usai menggelar pertemuan di Jakarta, Kamis (24/8/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan partainya membuka kemungkinan mencalonkan Anies Baswedan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah Jakarta November 2024.

Surya mengatakan nama Anies saat ini masih dikaji partainya sebagai salah satu calon. Namun, Nasdem juga menggodok nama-nama lain yang kemungkinan juga bisa maju.

"Kemungkinan ke arah situ (mengusung Anies) masih ada, perlu kami kaji," katanya di DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakarta, Sabtu (27/4) dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, nama Anies menjadi salah satu opsi selain kandidat lainnya, yakni Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino.

Anies-Muhaimin hadiri penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih
Anies-Muhaimin hadiri penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.)

"Kalau di sini namanya mengerucut, ya pasti lah Ahmad Sahroni, Wibi Andrino, dan bisa jadi Anies Baswedan sendiri," kata Willy kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Ia menjelaskan, opsi calon kepala daerah dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 telah dibicarakan secara langsung Surya Paloh pada Anies Baswedan. Menurutnya, munculnya nama Anies Baswedan baru diskusi semata.

Sedangkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Ahmad Syaikhu mengatakan partainya tidak akan mengusung Anies Baswedan kembali menjadi calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Syaikhu berpendapat saat ini Anies sudah menjadi tokoh nasional usai maju di Pemilihan Presiden 2024.

"Jadi jangan didegradasi kembali sebagai tokoh daerah,” ujar Syaikhu di DPP PKS, Jakarta, Selasa (23/4).


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...