Sejumlah Nama Masuk Bursa Cagub Jakarta, Ada Anies hingga Risma

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2024, 18:46
anies, jakarta, pilkada
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (ketiga kanan) bersama cawapres Muhaimin Iskandar (kiri), Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri), Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) dan jajaran petinggi PKS berjalan usai menggelar pertemuan pascaputusan sengketa Pilpres oleh MK, di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (23/4/2024).
Button AI Summarize

Sejumlah nama mulai masuk bursa pemilihan kepala daerah Jakarta yang akan digelar pada November 2024. Nama yang kembali digadang adalah Anies Baswedan, Gubernur DKI pada 2017 hingga 2022. 

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga mengatakan nama Anies tengah dikaji lebih lanjut untuk maju lagi di Jakarta. Namun, Nasdem juga menggodok nama-nama lain yang kemungkinan juga bisa maju.

"Kemungkinan ke arah situ (mengusung Anies) masih ada, perlu kami kaji," katanya di DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakarta, Sabtu (27/4).

Sedangkan Anies mengaku saat ini ingin rehat dulu usai mengikuti Pemilihan Presiden 2024.  Namun, ia tengah mempersiapkan rencana politik di masa depan.

"Akan kami sampaikan di (masa) depan," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies bukan satu-satunya tokoh yang ramai diperbincangkan untuk maju dalam Pilkada Jakarta akhir tahun mendatang. Selain nama Anies, berikut sejumlah tokoh yang mulai digadang-gadang maju:

Kaesang Pangarep

Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep masuk bursa calon Gubernur Jakarta. Namun putra bungsu Presiden Joko Widodo itu akan melihat dinamika politik lebih dulu. Saat ini ia masih berkonsolidasi dengan partai di Koalisi Indonesia Maju.

Kaesang hadiri jalan santai di Madiun
Kaesang hadiri jalan santai di Madiun (ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww.)

"Kami kemarin baru merayakan kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran, sekarang waktunya konsolidasi," katanya dalam pembekalan anggota legislatif terpilih PSI di Jakarta, Jumat (26/4) dikutip dari Antara.

Tri Rismaharini

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga mulai digadang maju di Pilgub Jakarta. Namanya saat ini tengah digodok oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Jakarta.

Namun mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan keputusannya maju tergantung suara rakyat. Risma mengaku tak berani memberikan jawaban karena jabatan yang ditugaskan memiliki risiko yang besar.

"Yang bisa bicara saya mampu atau tidak itu yang pertama Tuhan, kedua rakyat. Suara rakyat itu suara Tuhan," kata Risma di Kantor Kemensos, Jakarta, (26/4).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...