Arab Saudi Luncurkan Smart Card Haji, Indonesia Jadi yang Pertama

Nadhira Shafa
2 Mei 2024, 15:48
Arab Saudi Luncurkan Smart Card Haji, Indonesia Jadi yang Pertama
haji.kemenag.go.id
Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah secara resmi meluncurkan layanan Smart Card untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M.
Button AI Summarize

Arab Saudi secara resmi meluncurkan layanan Smart Card untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M. Peluncuran ini dilakukan oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta.

Peluncuran Smart Card ini menandakan era baru dalam penyelenggaraan ibadah haji. Jemaah kini akan dimudahkan dengan akses informasi dan pelayanan yang lebih optimal melalui kartu elektronik ini.

“Kartu tersebut yang akan membantu jemaah untuk mengetahui lokasi-lokasi yang ada di tempat pelaksanaan ibadah haji dan di kartu tersebut juga ada sertifikat selesai melaksanakan ibadah haji sehingga itu bisa menjadi kenangan yang indah bagi yang telah melaksanakan ibadah haji,” kata  Menhaj Tawfiq, seperti dikutip dari laman  haji.kemenag.co.id, Kamis (2/5).

Lebih lanjut, Menhaj Tawfiq mengungkapkan bahwa Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara pertama yang menerima Smart Card. Hal ini merupakan bentuk penghargaan dari Arab Saudi atas komitmen Indonesia dalam penyelenggaraan haji yang tertib dan efisien.

“Jemaah haji yang pertama kali mendapatkan kartu ini adalah jemaah haji dari Indonesia. Kartu elektronik ini adalah kartu yang memang dibuat khusus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” ujarnya

Menhaj Tawfiq menekankan bahwa penggunaan Smart Card ini juga bertujuan untuk mencegah masuknya jemaah haji dengan visa yang tidak sesuai prosedur. Dengan demikian, hanya jemaah yang memiliki visa haji resmi dari Pemerintah Arab Saudi yang dapat melaksanakan ibadah haji.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...