Jokowi Marahi Pemda karena Tak Optimalkan Proyek Infrastruktur Pusat

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Mei 2024, 13:12
jokowi, pemda, infrastruktur
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyampaikan pidato saat penyerahan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) 2024 di kompleks gudang Bulog Temanggung, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan minimnya inisiatif pemerintah daerah (Pemda) dalam mendukung program kerja pemerintah pusat pada sektor pembangunan infrastruktur.

Jokowi menyebut sejumlah proyek pemerintah pusat kerap tak mendapat dukungan fasilitas lanjutan dari pemda.  Dampaknya, benefit pembangunan fasilitas publik seringkali tidak dirasakan oleh masyarakat.

Jokowi menguraikan, keberadaan proyek bendungan yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum secara optimal dirasakan oleh masyarakat. Ini karena Pemda yang tak menyediakan fasilitas pendukung seperti saluran irigasi.

"Tapi irigasi sekunder dan tersier sampai ke sawah tak dikerjakan, airnya tak sampai ke sawah yang kita miliki," kata Jokowi saat memberikan pengarahan Musrenbangnas Bappenas di Jakarta Convention Center (JCC) pada Senin (6/5).

Dia juga menyoroti rendahnya usaha pemda dalam membangun saluran air minum rumah tangga ke masyarakat karena kondisi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang lebih sering merugi.

"Waduk bukan hanya soal pertanian, tapi juga air baku. Yang sering terjadi pipa utamanya sudah selesai, tapi sambungan ke rumah tangganya belum," ujar Jokowi.

Selain waduk, Jokowi juga menyoroti minimnya inisiatif pemda dalam mengoptimalkan keberadaan pelabuhan dan bandara yang dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan. Menurutnya, pemda seperti kehilangan semangat unutk membangun jalan dari pelabuhan atau bandara ke lokasi sentra pariwisata dan pusat kerajinan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...