Prabowo Wacanakan Pembentukan Presidential Club, Apa Itu?

Safrezi Fitra
6 Mei 2024, 14:39
Prabowo Wacanakan Pembentukan Presidential Club, Apa Itu?
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden terpilih Prabowo Subianto
Button AI Summarize

Presiden terpilih Prabowo Subianto mewacanakan pembentukan 'Presidential Club'. Klub ini mengumpulkan para mantan Presiden Republik Indonesia yang masih hidup.

Ide presidential club ini diungkapkan oleh juru bicara (Jubir) dari Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. "Presidential club itu istilah saya saja, bukan institusi. Esensinya Pak Prabowo ingin para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan. Sehingga terjaga silaturahim kebangsaannya dan menjadi teladan bagi kita semua," ujarnya kepada wartawan, Jumat (3/5).

Dalam klub tersebut, nantinya para mantan presiden Indonesia akan saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Tujuannya adalah untuk menjaga silaturahmi dan menjadi teladan.

Dahnil menyebut keinginan tersebut merupakan aspirasi Prabowo agar para pemimpin bangsa bersatu dan berkolaborasi. "Guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak, terlepas dari perbedaan pandangan politik dan sikap politik," katanya.

Semua presiden dan mantan presiden Indonesia yang masih ada akan bergabung dalam forum tersebut. Menurut Dahnil, dengan mengadakan pertemuan rutin bersama mantan Presien sebelumnya, Prabowo ingin menjaga silaturahmi kebangsaan dan menjadi teladan. 

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menegaskan pentingnya seorang presiden untuk terus bersilaturahmi dengan semua mantan presiden. “Ada atau tidak adanya Presidential Club, Presiden dan semua mantan presiden sangat penting untuk bersilaturahmi,” kata Ari.

Menurutnya, hal itu yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini, dengan selalu menjaga silaturahmi dengan para mantan presiden, mantan wakil presiden, dan tokoh-tokoh bangsa lainnya. Silaturahmi) akan bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara.

Jokowi pun mendukung usulan Prabowo ini. Bahkan dia mengatakan pertemuan antar presiden di forum presidential club dapat berlangsung dengan jadwal dua hari sekali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...