Gibran Dukung Pembentukan Presidential Club: Untuk Menyatukan Pemimpin

Ameidyo Daud Nasution
6 Mei 2024, 17:01
gibran, presidential club, prabowo
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menaiki mobil usai melakukan pertemuan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (23/4/2024).
Button AI Summarize

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menjelaskan alasan Prabowo Subianto berencana membentuk presidential club. Gibran mengatakan kelompok ini diperlukan untuk mewadahi masukan dari para pemimpin senior yang berpengalaman.

Gibran berharap pemerintahannya bersama Prabowo bisa mendapatkan masukan dari pengalaman mantan presiden. "Bagus untuk menyatukan mantan pemimpin, senior, sesepuh," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/5) dikutip dari Antara.

Meski demikian, Gibran belum akan menyampaikan konsep Presidential Club itu. Ia juga mengatakan masukan dan evaluasi bisa datang dari mana saja.

"Bisa dari orang di dalam koalisi maupun di luar koalisi. Tidak masalah. Sekali lagi yang di dalam pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak, menyampaikan rencana Prabowo untuk membentuk Presidential Club yang diisi para mantan presiden yang masih hidup sampai saat ini.

Prabowo - Gibran hadiri halalbihalal PBNU
Prabowo - Gibran hadiri halalbihalal PBNU (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.)

Pembentukan klub tersebut bertujuan agar para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan.

Dahnil mengatakan Prabowo optimistis akan bisa menjaga komunikasi dengan Presiden Joko Widodo, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Sedangkan Jokowi menilai ide membentuk presidential club merupakan tawaran yang bagus. Sembari berkelakar, Jokowi mengatakan pertemuan antar presiden di forum presidential club dapat sering berlangsung.

"Dua hari sekali ya gak apa-apa," ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (3/5).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...