Hasto Klaim Sikap Ganjar Deklarasi Oposisi Prabowo Cermin Posisi PDIP

Ade Rosman
7 Mei 2024, 08:26
Ganjar
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wpa.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) didampingi Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto (kanan) memberikan keterangan pers menyikapi hasil putusan MK terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam Rakornas PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/4/2024).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan sikap Ganjar Pranowo yang mendeklarasikan diri akan berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran merupakan cerminan sikap partai berlogo kepala banteng bermoncong putih tersebut. Menurut Hasto keputusan Ganjar menunjukkan sikap kenegarawanan. 

“Sikap yang sangat baik bahwa pemilu pun tidak pernah melunturkan sikap dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, dan Pak Ganjar dan Prof Mahfud di dalam berdedikasi, mengabdi kepada bangsa dan negara," kata Hasto di Posko Teuku Umar nomor 9, Jakarta, Senin (6/5) malam.

Sebelumnya Ganjar mendeklarasikan diri tak akan bergabung dengan pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sikap itu disampaikan usai Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud resmi dibubarkan.

"Kita tidak akan pernah berhenti untuk mencintai negeri ini, kita akan mengawal dengan benar, dan saya declare pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," kata Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar mengatakan dirinya menghormati pemerintahan ini. Ia menyebut akan melakukan kontrol terhadap pemerintahan. Hal itu menurut dia diperlukan agar pemerintahan berjalan dengan benar. 

“Sehingga moralitas politiknya ada, cara berpolitik yang benar musti naik kelas, dan semua sama-sama terhormat, tidak perlu saling mencibir," kata Ganjar.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...